Apa yang dimaksud dengan Reog Wayang?


 

Apa to yang dimaksud dengan reog itu. Sebenarnya reog adalah budaya seni tari yang dapat dikategorikan menjadi dua antara reog wayang dengan reog ponorogo. Perbedaan ada pada reog ponorogo hanya diperankan oleh beberapa orang dan mengedepankan atraksi atraksi sejenis sulapan seperti makan beling bermain api dsb. Sedang utuk reok wayang sendiri lebih memperlihatkan seni menarinya yang terkadang juga di bumbui oleh sedikit kemistisan dengan kesurupannya para pemainnya.
Reog Wayang merupakan bentuk reog kreasi baru. Hal yang membedakan kesenian ini dengan tarian reog yang lain adalah tema cerita yang diangkat dalam pementasan tersebut. Reog pada umumnya biasanya menggambarkan cerita perjalanan Prabu Klana Sewandana dari kraton Bantar Angin. Namun dalam pertunjukan Reog Wayang cerita yang diangkat diambil dari nukilan kisah Mahabarata dan Ramayana. Para penaripun tidak mengenakan kostum warok, tetapi menggunakan pakaian tari layaknya yang biasa dikenakan dalam pementasan wayang orang. Sehingga yang nampak adalah perpaduan antara kesenian reog dan sendratari mahabarata/ramayana
Adanya unsur cerita dari Mahabarata dan Ramayana nampak kuat melekat dari para tokoh yang ditampilkan. Ini terlihat adanya tokoh Hanoman, Hanila, Anggada, Suteja, Setyaki, Kumbakarna dan tokoh-tokoh lainnya. Dalam pementasan tersebut menggambarkan dua pasukan yang saling berhadapan sebagai bentuk gambaran peperangan antara kebajikan dan keangkaramurkaan. Dimana dua sisi tersebut selalu menghampiri dalam setiap kehidupan manusia. Namun apabila seseorang selalu berpegang teguh pada kebenaran dan kebajikan tentu akan mengalami kejayaan. Pada akhir cerita digambarkan tentang peperangan antara Kumbakarna dengan pasukan Hanoman dkk.

Seperti halnya wayang reog wayang juga mempunyai seorang dalang yang biasa diperankan oleh penthul dan bedjer. Sedangkan pelakonnya terdiri dari banyak pemeran yang memerankan tokoh di dalam wayang, Karna penokohan dalam reog in diambil dari para tokoh wayang yang berasal dari negeri hindustan sana,seperti dalam cerita ramayana ataupun mahabarata.Ditambah dengan satria bertopeng atau yang sering disebut barongan lebih kerennya. Pada perlombaan biasanya yang di nilai dari tingkat kekompakan penari nya, riasan wajah pada penarinya, dan skil individu si pelakon sendiri. Di yogyakarta ada banyak group reog wayang diantarany yang sudah agak besar KRIDO BEKSO yang ber alamatkan di srandakan dan MULYA BUDAYA yang beralamatkan di paker bambanglipuro bantul.Reog Wayang memang sekarang sudah jarang dimainkan,dahulu saat masih kecil saya ingat kalau Reog Wayang rutin diselenggarakan
Tapi frekuensi pengunjung benar-benar beda,kalau dulu ramenya bisa membuat lapangan terisi penuh,mungkin sekarang hanya seperempatnya.Lama-lama kesenian tradisional seperti Reog Wayang memang terkikis oleh perkembangan zaman,sekarang pertunjukkan ini seperti sudah menjadi langka,serta tidak bisa dipungkiri masyarakat sekarang lebih suka menonton hiburan modern saat ini.Hal tersebut membuat salah satu tontotan kesenian tradisional semakin tenggelam,mungkin sudah banyak kesenian tradisional yang terlupakan.Apakah salah satu kekayaan budaya kita ini akan hilang di masa depan nanti y?

   

Mau ndengerin Gending PengiringINI LINKNYA

Jikamau download kata sandi: Reog Wayang

Jika masih belum bisa DL, Copas aja itu Url…

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 10 September 2012, in Budaya Jawa, Gending, Jogjakarta, Seni Tradisi, Tarian Jawa, Wisata, Wisata Budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: