Sekilas Tentang Soimah Pancawatie


Foto Soimah.

Soimah Pancawati (lahir di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, 29 September 1980; umur 31 tahun) adalah seorang seniman asal Yogyakarta yang multi talenta. Tak hanya ahli dalam bidang kesenian Jawa, Soimah juga seorang rapper. Dirinya sudah terbiasa dengan campursari, sinden, ketoprak, pop jawa, Hip Hop, serta MC, dan dagelan

Masa kecil Soimah begitu disiplin dan keras. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Soimah sudah membantu ibunya bekerja demi bisa bersekolah. Dirinya pernah menggendong es balok sejauh 200 meter, bekerja sampai malam, dan harus bangun pukul tiga pagi untuk membantu ibunya berdagang ikan di pasar.

Dari kecil Soimah sudah diajarkan untuk mandiri. Setelah bergabung dalam komunitas seni dan mulai sering menerima panggilan manggung, Soimah hijrah ke Yogyakarta. Selepas Sekolah Menengah Pertama, dia tinggal bersama tantenya.

Awal perjalanan karirnya adalah dengan mengikuti komunitas seni di Yogyakarta, seperti ketoprak dan Jogja Hip Hop Foundation misalnya. Soimah sendiri mulai belajar seni sejak tahun 1995, dia disekolahkan di SMKI oleh tantenya.

Melalui Jogja Hip Hop Foundation Soimah menjalani tur dunia untuk yang pertama kalinya, pada 14 Mei 2011 lalu, Soimah bersama Jogja Hip Hop Foundation tampil di Asia Society di 725 Park Avenue, New York, Amerika Serikat. Penampilan mereka mendapat tanggapan bagus, rencananya tahun 2012 ia bersama anggotannya akan manggung sebulan di Amerika untuk tur di 10 kota.

Sekarang Soimah menjadi pelawak di acara, SKS (Saatnya Kita Sahur), Comedy Project, Show Imah di stasiun TV “Trans Tv”, ia pernah menjadi presenter acara Segerrr, Sedap Malam, di stasiun TV “ANTV”.

Soimah sudah menikah dengan Herwan Prandoko, yang berusia satu tahun lebih muda darinya, dan telah dikaruniai 2 orang anak yang bernama Aksa Uyun Dananjaya (6) dan Diksa Naja Naekonang (3), yang kini tinggal di Yogyakarta.

Beberapa lagu Soimah dapat andah download disini,,,

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 14 September 2012, in Budaya Jawa, Campursari, Campursari Jawa, Hip-Hop Jawa, Seni Tradisi, Tokoh. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: