Basiyo Cs “Menang Lotre”


Ini adalah  gambaran masyarakat kelas bawah ketika itu.  Dalam keterbatasan mereka berusaha untuk merubah nasib dengan cara apapun, termasuk membeli nomor lotre.
Pak Harjo baru saja menerima momongan dua orang anak,  laki-laki dan perempuan (dhampit).  Mereka telah mencari pinjaman uang yang akan digunakan untuk menyelenggarakan hajatan (sepasaran).
Karena khawatir uang tersebut hilang, maka ketika akan mencuci pakaian ke sungai Bu Harjo menitipkan uang itu kepada suaminya.
Sepeninggal Bu Harjo datang seorang tamu yang berniat meminjam uanag kepada Pak Harjo.  Karena tidak mempunyai uang Pak Harjo tidak bisa memenuhi harapan sang tamu.  Akan tetapi si tamu mendesak Pak Harjo bahkan berniat menjual kupon lotre yang baru saja dibelinya.
Semula Pak Harjo tidak bersedia membeli, tetapi karena di desak, akhirnya Pak Harjo bersedia membeli kupon lotre tersebut.
Betapa marah Bu Harjo ketika mengetahui bahwa uangnya telah dibelikan lotre oleh suaminya.  Pertengkaran mereka berujung pada pengusiran Pak Harjo dari rumah itu.  Pak Harjo pergi dengan membawa anak perempuannya.  Sedang anak yang seorang lagi (laki-laki) ditinggal untuk diasuh Bu Harjo.
Hebatnya, kupon  lotre tadi ternyata tembus, dan Bu Harjo mendapat hadiah uang yang tak sedikit jumlahnya.  Dia menjadi kaya raya.
Singkat cerita anak lelaki yang diasuh Bu Harjo telah tumbuh menjadi seorang remaja bernama Basiyo.  Dia jatuh cinta dengan seorang gadis, anak tukang cukur bernama Harjo.
Bagaimanakah kelanjutan cerita ini???
Silahkan anda nikmati sembari brnostalgia dengan Keluarga Dagelan Mataram pimpinan Pak Basiyo.
Silahkan download disini

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 23 September 2012, in Budaya Jawa, Dagelan, Gending. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Suanten radi kemresek njih…

  2. Menawi badhe nyuwun ingkang lumayan apik download ing mriki menang lotre

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: