HUT Kota Jogja 2012 Tanpa JJC (Jogja Java Carnival)


Peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-256 yang jatuh pada tanggal 7 Oktober 2012 bakal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terutama menyangkut pagelaran “Jogja Java Carnival” yang terpaksa tidak bisa diagendakan lantaran terkendala Permendagri 32/2011 tentang Pedoman Penyaluran Dana Hibah dan Bantuan Sosial.

Walikota Jogja “Haryadi Suyuti” menjelaskan, selama ini JJC memang selalu digelar dengan menggunakan dana hibah untuk menyemarakan HUT Kota Jogja. “Karena regulasi itu, maka HUT Kota Jogja tidak ada JJC. Tetapi rencananya tahun depan akan kami gelar dan menjadi even setiap 2 tahun sekali,” ungkapnya di sela jumpa pers perayaan HUT Kota Jogja di Balaikota, hari kamis lalu.

Selain menyemarakan HUT Kota Jogja, JJC yang sudah digelar sebanyak 4 kali ini juga bertujuan untuk menarik wisatawan. Untuk itu, perayaan ulang tahun kali ini tidak dimaksudkan untuk mengundang wisatawan. Melainkan menggantinya dengan semarak kewilayahan.

Oleh karena itu, ungkap Asisten Sekda Bidang Pembangunan & Perekonomian, Aman Yuriadijaya, tema yang dibangun ialah SEGORO AMARTO Untuk Jogja Istimewa. Rangkaian HUT Jogja digelar pada 5-20 Oktober 2012. Diawali dengan pemasangan penjor di Titik Nol Kilometer sore ini dan diakhiri dengan Pesta Klangenan di tempat yang sama pada 20 Oktober 2012 . “JJC tetap akan dilselenggarakan namun pada waktu yang tepat, yaitu 2013 mendatang,” tandasnya.

Dalam semarak kewilayahan, lanjut Aman, yang ditonjolkan ialah festifal kesenian di 45 kelurahan serta kreatifitasnya untuk meramaikan kampung. Keswadayaan masyarakat diharap mampu mendominasi untuk meramaikan kegiatan di wilayah. Sehingga menjadi simbol dari SEGORO AMARTO dalam merayaakan HUT Jogja. “Kami akan memilih 10 nominator kelurahan yang paling semarak untuk diberi penghargaan,” imbuh Aman.

Sementara Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Ahmad Fadhlie menambahkan, Punac HUT Jogja akan digelar upacara pada malam hari (7/10) di halaman Balaikota Jogjakarta.

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 5 Oktober 2012, in Berita, Budaya Jawa, Jogjakarta. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: