Prosesi Pasang Penjor HUT Kota Yogyakarta ke-256


Prosesi Pasang Penjor HUT Kota Yogyakarta ke-256

Pemerintah Kota Yogyakarta telah melaksanakan acara “Murwakani Pahargyan Ambal Warsa Kaping 256 Kutho Ngayogyakarta” sebagai penanda dimulainya kesemarakan rangkaian peringatan HUT ke 256 Kota Yogyakarta, pada Jumat (5/10) Sore.

Acara yang dilaksanakan di pelataran Monumen Batik ditandai prosesi pemasangan penjor oleh Walikota Yogyakarta di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Selain itu juga dilaksanakan pemotongan tumpeng untuk selanjutanya diserahkan kepada lurah setempat, dalam hal ini lurah Ngupasan sebagai simbol bahwa HUT Kota Yogya adalah gawenya semua lapisan masyarakat Kota Yogya.

Sebagai penanda kesemarakan Kota Yogya dalam menyambut HUT Kota Yogyakarta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, mengatakan bahwa penjor-penjor tersebut dipasang  disepanjang JL Malioboro dari utara ke selatan karena Malioboro sebagai jantung Kota Yogyakarta.

“Ada 50 penjor yang dipasang  dalam satu kawasan Malioboro dan pemasangan penjor ini adalah sebagai pertanda mengawali suatu kegiatan. Karenanya harapannya dengan memulai pemasangan penjor dan memulai rangkaian HUT Kota maka segala macam aktifitas kegiatan hari ulang tahun termasuk kesemarakan wilayah  dimulai” tegas Aman Yuriadjijaya.

Di lain pihak,  seniman DR. Timbul R, turut serta memamerkan 17 karya seninya di sepanjang Malioboro sebagai simbolisasi Malioboro sebagai instalasi seni juga turut diresmikan pada prosesi pemasangan penjor tesrebut.

Sumber Koran Jogja News

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 7 Oktober 2012, in Berita, Budaya Jawa, Jogjakarta. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: