DAPAT SUNTIKAN DANA RP 1 MILIAR Koleksi Radya Pustaka Ditata Ulang


Radya Pustaka

Obsesi merevitalisasi Museum Radya Pustaka akhirnya mendekati realisasi, menyusul kepastian pencairan bantuan dana dari pemerintah pusat senilai Rp 1 miliar.
Hanya saja, revitalisasi masih sebatas pada penataan koleksi dan interior dalam, sedangkan renovasi serta penambahan bangunan museum yang diperkirakan menelan dana Rp 4 miliar, masih harus menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

“Untuk sementara memang baru sebatas penetaan koleksi, termasuk perbaikan perbaikan almari pajang, melengkapi memorabilia masing-masing koleksi dan sebagainya, jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdy Srihanto, ditemu wartawan di Balaikota, Senin (8/10).
Penataan ulag koleksi, menurut Widdy, memang cukup mendesak, sebab selama ini penataan koleksi belum memenuhi tataran ideal sebuah museum.

Bahkan beberapa koleksi tidak dilengkapi dengan diskripsi secara lengkap, sehingga pengunjung acapkali tak bisa mengeksplorasi lebih jauh atas koleksi yang dilihat. Pun dengan keterbatasan ruang museum.
Diakui, penataan koleksi cenderung masih semrawut, bahkan masih ada puluhan koleksi terpaksa masih tersimpan di luar museum. Demikian halnya 38 arca batu yang selama ini tersimpan di rumah almarhum Go Tik Swan, belum bisa diboyong ke museum, karena keterbatasan tempat.

Menjawab pertanyaan teknis penataan, Widdi menyebutkan, mesti melibatkan kalangan ahli, diantaranya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3), serta direktorat permuseuman. Mendiskripsikan koleksi museum agar mampu memberi gambaran jelas kepada pengunjung, menurutnya, bukan pekerjaan gampang, sebab harus dilakukan kajian mendalam, terutama menyangktu aspek kesejarahan.

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 8 Oktober 2012, in Berita, Museum, Solo. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: