Wayang Wong – Petruk Mantu


Screenshot Studio capture #253Dikisahkan, Raden Lesmana Mandrakumara sudah beberapa waktu pergi dari kerjaan Astinapura tanpa pamit. Prabu Duryudana tidak pernah memahami alasan kepergian pangeranpati Astina yang idiot itu.  Padahal, gampang diduga, Lesmana merasa frustasi karena sudah berulangkali rencana pernikahannya gagal.  Mulai dari Siti Sendari, Pegiwa, Manuwati sampai akhirnya dia memutuskan untuk mencoba keberuntungan dengan melamar Nalawati anak perempuan Nala Gareng. Inipun terancam gagal, Screenshot Studio capture #257karena Lengkung Kusuma, anak lelaki  Petruk telah lebih dahulu melamar dan lebih masuk dihati Nalawati.

Ketika itu, sebenarnya Raden Lesmanamandrakumara berada di tengah hutan untuk bertapa demi keinginannya melamar anak Perempuan Nala Gareng, yang bernama Nalawati.  Dalam semedinya, sesosok mahluq halus bernama Kletingmungil datang menghampiri Raden Lesmana dan menyatakan kesanggupannya untuk menculik Nalawati.

Ketika saya selesai memperbaiki untuk kemudian mendengarkan Lakon Petruk Mantu sembari mengconvert ke digital, kanangan saya melayang disaat kejayaan Surono, Darsi, Rusman, Harjowibaksa dan lain-lain dalam Wayang Orang RRI SurakartaScreenshot Studio capture #259Ketika itu, Radio Republik Indonesia dan beberapa radio swasta masih sering memutar Wayang orang untuk para pendengarnya.  Entah perasaan apa yang berkecamuk disaat saya mendengarkan kembali Wayang Orang  yang sekarang praktis tak bisa kita temukan.  Yang pasti, ada rasa tenang yang aneh. Saya tiba-tiba merindukan sat-saat semavcam itu.

Saya tak ingin sendirian menikmatinya.  Silahkan anda download dan kita nikmati bersama Lakon Petruk Mantu oleh Keluarga Besar WO RRI Surakarta.

  1. WO  RRI Surakarta – Petruk Mantu 1a
  2. WO  RRI Surakarta – Petruk Mantu 1b

Bersumber dari Mbak Galuh Sekar

About sukobudoyo

Berbicara apa adanya.. Menyukai budaya jawa

Posted on 1 Desember 2012, in Budaya Jawa, Budaya Jawa, Pusaka Cassete, RRI Surakarta, Seni Tradisi, Tarian Jawa, Wayang and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: